• SMA NEGERI 1 LEMAHABANG
  • LA BERPRESTASI

TIPS MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

 

Sampah plastik merupakan salah satu unsur penyumbang terjadinya kenaikan suhu bumi atau krisis iklim. Rantai karbonnya yang panjang menjadikan plastik baru bisa terurai ratusan bahkan ribuan tahun ke depan. Tak hanya lingkungan, dampak sampah plastik juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Hal ini perlu diperhatikan karena kehidupan manusia tidak terlepas dari penggunaan plastik di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukan cara tepat untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan sampah plastik.

Bahan plastik dapat dengan mudah ditemukan di berbagai produk, mulai dari kemasan makanan dan minuman, kantong belanja, hingga peralatan rumah tangga. Ketika tidak lagi digunakan, produk dari bahan plastik tersebut bisa menumpuk dan menjadi sampah di mana-mana. Plastik juga merupakan kategori sampah yang sulit didaur ulang. Perlu ada komitmen bagi kita untuk bisa mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan kita sehari-hari. Berikut langkah sederhana yang bisa kita lakukan:

  1. Membawa botol minum sendiri

Langkah ini sering dianggap sepele. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa mudah untuk mencari dan membeli air kemasan yang memang banyak dijual di toko-toko. Namun, hal itulah yang menyebabkan sampah plastik--khususnya botol plastik--menjadi banyak. Maka dari itu, lebih baik bagi kita untuk menggunakan botol yang bisa digunakan secara berulang yang tentu saja tidak menghasilkan sampah plastik.

  1. Membawa tas belanja sendiri

Langkah satu ini memang terkesan repot, tapi ini terbukti sangat membantu mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai

  1. Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Bantu selamatkan lingkungan dengan mengganti sedotan plastik dengan paper straw Menggunakan sedotan plastik memang sudah menjadi kebutuhan yang lumrah. Sehingga untuk mengubah kebiasaan itu pun sulit, tapi bukannya tidak mungkin. Bayangkan berapa banyak restoran di sekitarmu, berapa banyak sedotan plastik yang menjadi sampah plastik yang sulit didaur ulang. Kalau memang harus menggunakan sedotan, pakailah sedotan stainless yang bisa dicuci dan digunakan kembali atau sedotan kertas.

  1. Daur Ulang

Selanjutnya, terlebih dulu pilah-pilah kemasan plastik yang bisa kamu pakai ulang. Kalau sudah terkumpul yang tidak bisa dipakai ulang, coba deh perhatikan di bagian bawah kemasan plastik. Jika bertuliskan 1(PET), makan kemasan plastik tersebut dapat diterima oleh perusahaan daur ulang. Lalu luangkan waktu sebentar untuk mencari perusahaan daur ulang di dekat tempat tinggalmu.


Dampak Sampah Plastik bagi Lingkungan

Sampah plastik yang dibuang sembarangan berpotensi merusak dan mencemari lingkungan. Limbah plastik juga termasuk dalam sumber polusi lingkungan terbesar di seluruh dunia. Apabila dibiarkan begitu saja, dampak sampah plastik bisa berbahaya bagi ekosistem dan kelangsungan hidup di Bumi. Berikut ini adalah beberapa dampaknya:

  1. Pencemaran air

Sampah plastik, baik yang bentuknya masih utuh atau sudah hancur menjadi partikel kecil, bisa mengakibatkan pencemaran air. Hal ini dapat terjadi karena plastik membawa zat kimia, seperti bifenil poliklorinasi dan pestisida, yang dapat mengontaminasi air serta meracuni dan merusak habitat makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya. Ketika dikonsumsi oleh hewan laut, racun ini juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia bila sampai hewan laut tersebut diolah dan dikonsumsi.

  1. Pencemaran tanah

Dampak sampah plastik selanjutnya adalah pencemaran tanah. Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia hasil dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah serta menempel pada tumbuhan yang tertanam di dalamnya, seperti sayuran dan buah-buahan. Bila sayuran dan buah tersebut dikonsumsi oleh manusia, risiko terjadinya berbagai jenis penyakit pun dapat meningkat. Kontaminasi sampah plastik ini juga bisa membuat kondisi tanah menjadi tidak subur.

  1. Pencemaran udara

Proses pembakaran sampah plastik yang dilakukan secara terbuka bisa mengakibatkan terjadinya polusi udara. Hal itu disebabkan oleh adanya partikel mikroplastik, logam berat seperti kadmium dan timbal, serta bifenil poliklorinasi yang terlepas dan mencemari udara. Selain berbagai polusi di atas, masalah sampah plastik juga kerap memperparah pemanasan global dan perubahan iklim di seluruh dunia.


Dampak Sampah Plastik Bagi Kesehatan Manusia

Tak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, berbagai senyawa kimia yang terkandung di dalam sampah plastik juga bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan, seperti:

  1. Kanker

Berbagai senyawa kimia beracun yang berasal dari plastik bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara, makanan, dan minuman yang terkontaminasi limbah plastik. Limbah plastik ini bisa menghasilkan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker testis.


  1. Kerusakan organ

Paparan logam berat dan mikroplastik dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memicu berbagai gangguan pada tubuh, seperti gangguan saraf, masalah pencernaan, gangguan pernapasan, dan gangguan kelenjar endokrin, misalnya penyakit tiroid. Selain itu, beberapa zat beracun dari limbah plastik atau olahan sampah plastik juga bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati.

  1. Gangguan pertumbuhan janin dan anak

Paparan zat beracun dari limbah plastik juga bisa berbahaya bagi ibu hamil, janin, dan anak-anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan limbah dan zat beracun bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang pada janin dan anak-anak Selain itu, ibu hamil yang terlalu sering terpapar senyawa kimia dari sampah plastik juga berisiko tinggi mengalami keguguran, bayi terlahir prematur, atau penyakit bawaan lahir pada janin. Selain itu, kontaminasi bahan plastik, seperti phthalates dan bisphenol A, pada alat dan tempat makan serta mainan anak juga perlu diperhatikan, karena bisa beracun dan berisiko memengaruhi tumbuh kembang anak.


Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SmartTren 2024

MELALUI SMARTTREN KITA PERSIAPKANGENERASI TERDIDIK DAN TERBAIK 14 Maret sd 28 Maret 2024 PENGERTIAN SMARTTREN Adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan, dalam ran

07/03/2024 15:30 - Oleh administrator - Dilihat 2583 kali
MERAWAT TANAMAN

  Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk usaha dalam merawat tanaman yaitu dengan menyiram tanaman dengan baik dan cara yang benar. Lalu bagaimana tips merawat tanama

01/09/2023 15:15 - Oleh administrator - Dilihat 699 kali
HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR SMAN 1 LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

02/05/2023 13:47 - Oleh administrator - Dilihat 534 kali
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon 2 Mei 2023.

 

02/05/2023 13:40 - Oleh administrator - Dilihat 550 kali
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

  Keluarga Besar SMAN 1 Lemahabang Kab Cirebon Mengucapkan "Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023." Bergerak bersama semarakan merdeka belajar. Ing Ngarso Sung Tulodo (dide

02/05/2023 11:43 - Oleh administrator - Dilihat 678 kali
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon 25 November 2022

27/11/2022 09:37 - Oleh MinLa1 - Dilihat 524 kali
Upacara Hari Guru Nasional Ke 77

Upacara Hari Guru Nasional Ke 77 SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon 25 November 2022

25/11/2022 19:41 - Oleh MinLa1 - Dilihat 507 kali
Musibah Gempa Bumi Cianjur

Inna Lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.  Kami segenap Keluarga besar SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon turut berduka cita atas musibah gempa bumi yang menimpa saudara-saudara ki

22/11/2022 13:29 - Oleh MinLa1 - Dilihat 465 kali
21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia

22/11/2022 08:05 - Oleh MinLa1 - Dilihat 516 kali
Upacara Bendera Merah Putih Senin, 21 November 2022

Upacara Bendera Merah Putih Senin,21 November 2022  Pembina Upacara Bapak Tonyadi, S.Pd Petugas Upacara XII IPS 1

22/11/2022 07:07 - Oleh MinLa1 - Dilihat 452 kali