• SMA NEGERI 1 LEMAHABANG
  • LA BERPRESTASI

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Dikutip oleh kemdikbud , “ Pelajar Pancasila” adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai – nilai Pancasila, dengan enam ciri utama : beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

 Keenam ciri tersebut dijabarkan sebagai berikut :

  1.  Beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia

        Pelajar Indonesia yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannnya dengan tuhan yang maha esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaan serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari- hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama ; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara

 

  1.   Berkebinaan global

      Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi intercultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan .

 

  1. Bergotong royong

       Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong royong. Yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara Bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah koloborasi, kepeduliaan, dan berbagi

 

  1.     Mandiri

          Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

 

  1.    Bernalar kritis

      Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen – elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.

 

  1.   Kreatif

    Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen – elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan Tindakan yang orisinal.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Kolaborasi tim bk dengan orang tua peserta didik..

 

15/02/2023 12:50 - Oleh administrator - Dilihat 853 kali
Fiksi Corner

KARYA FIKSI SISWA/I SMAN 1 LEMAHABANG   BAYANGAN Karya : Sakya Anindi Prakarsa Aku membuka mata dengan sedikit usaha. Mencoba bangkit setelah mengumpulkan nyawa, rasa pening seke

03/01/2023 08:26 - Oleh administrator - Dilihat 689 kali
Daftar Ulang Kenaikan Kelas

Peserta didik kelas XI dan XII SMAN 1 Lemahabang Kab Cirebon   Silakan download surat daftar ulang kenaikan kelas berikut   https://bit.ly/DaftarUlangSMAN1LA   Lalu silak

05/07/2022 09:40 - Oleh administrator - Dilihat 1728 kali
Info PPDB 2023

  Silakan klik ini untuk info lebih lanjut Informasi PPDB

06/06/2021 11:10 - Oleh administrator - Dilihat 10103 kali
Ekskul

           

14/11/2019 09:16 - Oleh administrator - Dilihat 4899 kali