PROFIL PELAJAR PANCASILA
Dikutip oleh kemdikbud , “ Pelajar Pancasila” adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai – nilai Pancasila, dengan enam ciri utama : beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Keenam ciri tersebut dijabarkan sebagai berikut :
- Beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesia yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannnya dengan tuhan yang maha esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaan serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari- hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama ; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara
- Berkebinaan global
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi intercultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan .
- Bergotong royong
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong royong. Yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara Bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah koloborasi, kepeduliaan, dan berbagi
- Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
- Bernalar kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen – elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.
- Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen – elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan Tindakan yang orisinal.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Fiksi Corner
KARYA FIKSI SISWA/I SMAN 1 LEMAHABANG BAYANGAN Karya : Sakya Anindi Prakarsa Aku membuka mata dengan sedikit usaha. Mencoba bangkit setelah mengumpulkan nyawa, rasa pening seke
Daftar Ulang Kenaikan Kelas
Peserta didik kelas XI dan XII SMAN 1 Lemahabang Kab Cirebon Silakan download surat daftar ulang kenaikan kelas berikut https://bit.ly/DaftarUlangSMAN1LA Lalu silak
Info PPDB 2024
Silakan klik ini untuk info lebih lanjut Informasi PPDB